BGI (Borland Graphics
Interface)
BGI (Borland
Graphics Interface) adalah salah satu
alternatif pengembangan program antarmuka berbasis grafis. Antar muka berbasis
grafis dari kata Graphical User Interface, yang disingkat GUI. GUI adalah suatu
antarmuka yang memanfaatkan berbagai macam gambar yang memungkinkan seorang
pengguna dapat melakukan komunikasi atau berdialog dengan komputer sebagai
sebuah mesin.
Dengan
antarmuka berbasis grafis berbagai kemudahan dalam hal pengontrolan format
tampilan dapat dikerjakan dengan lebih mudah dan fleksibilitas tampilan dapat
semakin dirasakan oleh perancang tampilan maupun penggunanya. Di sisi lain,
kita harus memperhatikan, beberapa kendala dalam penerapan antarmuka berbasis
grafis ini, antaralain adalah waktu tanggap, kecepatan penampilan, lebar pita
penampilan, dan tipe tampilan (berorientasi ke tektual atau grafis).
Lima faktor
perancangan antarmuka berbasis grafis :
- Ilusi pada obyek-obyek yang dapat dimanipulasi
Perancangan antarmuka berbasis
grafis yang efektif harus melibatkan tiga komponen. Pertama, gunakan kumpulan
obyek yang disesuaikan dengan aplikasi yang akan dibuat. Jika obyek-obyek itu
belum ada, kita dapat mengembangkannya sendiri.
Kedua, penampilan obyek-obyek grafis
harus dilakukan denagn keyakinan bahwa ia akan dengan mudah dimengerti oleh
pengguna.
Ketiga, gunakan mekanisme yang konsisten untuk memanipulasi obyek yang
akan muncul dilayar.
2. Urutan visual dan fokus pengguna
Antarmuka dapat digunakan
untuk menarik perhatian pengguna antara lain dengan menbuat suatu obyek
berkedip, menggunakan warna tertentu untuk obyek-iobyek tertentu, serta
menyajikan suatu animasi yang akan lebih menarik perhatian pengguna. Tetapi,
penggunanan rangsangan visual yang berlebihan justru akan membuat pengguna bingung
dan merasa tidak nyaman.
3. Struktur internal
Pada pengolah kata kita
seringkali menulis beberapa kata yang berbeda dengan kata-kata yan lain,
misalnya ada sekelompok kata yang ditebalkan, dimiringkan, atau diberi garis bawah.
Pada salah satu pengola kata, kita dapat melihat apa yan disebut dengan reveal
code, yakni suatu tanda khusus yan digunkan untuk menunjukkan adanya perbadaan
font style.
Reveal code ini tdak akan ikut dicetak, tetapi
digunakan untuk menunjukkan kepada pengguna antara lain tentang font style yang
digunakan, batas kiri dan batas kanan dari halaman teks setrta informasi yang
lain. Reveal code biasanya berupa suatu karakter khusus.
4. Kosakata grafis yang konsisten dan sesuai
Penggunaan simbol-simbol obyek,
atau ikon, memang tidak ada standarnya, dan biasanya disesuaikan dengan
kreatifitas perancangnya.
5. Kesesuaian dengan media
Karakteristik khusus dari
layar tampilan yang digunakan akan mempunyai pengaruh yang besar terhadap
keindahan “wajah” antarmuka yang akan ditampilkan. Pada layar tampilan yang
masih berbasis pada karakter, misalnya CGA, pemunculan gambar tidak akan
secantik apabila kita menggunakan layar tampilan yang sering disebut dengan
bitmap atau raster display. Dengan
semakin canggihnya teknologi layar tampilan pada saat ini, kreatifitas
perancang tampilanlah yang saat ini lebih dituntut untuk memenuhi permintaan
pengguna akan aspek kenyamanan dan keramahan antarmuka.
Peranan BGI :
Unit Graph
Unit dalam Turbo Pascal,
adalah semacam berkas overlay yang dapat dipanggil oleh sembarang program yang
lain sesuai keperluannya. Unit graph merupakan bagian utama dari BGI. Untuk
memanfaatkan fasilitas yang tersedia di dalam unit graph. Anda harus mempunyai berkas GRAPH TPU, selain
GRAPH TPU juga harus tersedia satu atau lebih berkas . BGI yang berisi
penggerak grafik sesuai dengan apdeter grafik yang anda mliki. Misalnya CGA.BGI
atau EGA VGA.BGI. sebagai tambahan, jika anda mengunkan font goresan, juga
harus tersedia berkas.
Berkas-berkas tersebut biasanya sudah terinstal secara otomatis pada saat
pertama kali Anda menginstal Turbo Pascal kedalam harddisk atau disket.
Penggerak Grafik
Dalam
keadaan normal, turbo pascal bekerja pada mode teks. Dengan mengeksekusi satu
prosedur pustaka. Yaitu prosedur initGraph yang dapat dalm unit graph. Mode
text dapat diubah mode grafik dengan menggunakan prosedur closeGraph, layar
tampilan dapat dikenmbalikan menjadi mode teks.
Masing-masing
penggerak grafik yang sesuai dengan adapter grafik di atas tersimpan dalam
berkas yang terpisah yang berpengenal BGI. sebagai contoh, pengerak CGA
tersimpan dalam berkas CGA.BGI penggerak EGA dan VGA tersimpan dalam berkas
EGAVGA.BGI dan lain-lain.
Inisialisasi
Mode Grafik
Dalam
keadaan normal Turbo Pascal bekerja pada mode teks sehingga jika diinginkan
untuk bekerja dalam mode grafik. Harus dilakukan inisialisasi, yang antara lain
bertujuan untuk mendeteksi dan mencocokkanpenggerak grafik yang dipakai dan
resolusi yang diinginkan.
Langkah
pertama untuk memulai mode grafik adalah dengan melakukan adapter grafik yang
digunakan dan menginisialisasikan mode grafik ang diinginkan. Deteksi otomatis
adapter grafis dan inisialisasi mode grafik dilakukan dengan mengeksekusi
fungsi detect dan prosedur initGraph secara berturut-turut. Fungsi detect dan
prosedur iniGraph keduanya ada di dalam BGI. Anda tinggal memanfaatkannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar