Selasa, 13 November 2012

Resume kuliah IMK (14 november 2012)


Aspek Ergonomik

Aspek Ergonomik adalah aspek yang mempunyai pengaruh nyata dalam hal peningkatan maupun penurunan efisiensi dan peningkatan kerja dimana factor- factor yang mempengaruhi kenyamanan kerja diatur didalamnya. 
            Dalam penggunaan komputer ( khususnya ), lingkungan fisik tempat pengguna computer melakukan aktifitas mempunyai pengaruh  yang kuat  dalam interaksi  manusia dan computer. Dengan memperhatikan lingkungan fisik, kita dapat memperoleh manfaat yang berupa peningkatan kinerja manusia maupun kepuasan para pekerja.

Aspek yang berhubungan dengan Ergonomik yaitu :
1.    Aspek Ergonomik dari stasiun kerja
Dalam aspek ini karakteristik pekerjaan akan menentukan intervensi yang diperlukan untuk memberikan kenyamanan kepada orang-orang yang melaksanakan pekerjaan itu. 
Aspek ini terdiri dari :
a.    Pemasukan data
b.    Akuisisi data
c.    Pekerjaan Interaktif
d.    Pekerjaan pengolahan kata

2.    Pencahayaan
Pengendalian cahaya atau pencahayaan diperlukan untuk mengurangi atau menekan kilau-kilau yang terjadi agar pekerja, khususnya yang berhadapan langsung dengan layar monitor lebih nyaman dalam bekerja.
Pencahayaan terdiri dari : 
a.    Cahaya langsung: yang berasal dari matahari yang menerobos masuk lewat jendela atau berasal dari sumber cahaya buatan, misalnya dari bolam lampu
b.    Cahaya Tak langsung yang dipantulkan oleh Tembok atau partisi, Langit-langit rumah plafon, Lantai rumah, Bahan-bahan yang ada disekitar layar tampilan, misalnya pemegang dokumen, Bagian atas dari meja yang digunakan, Pakaian yang digunakan oleh operator(meskipun sangat kecil)

3.    Suhu dan Kualitas Udara
Benda-benda elektronik yang dipakai untuk mempermudah pekerjaan pekerja menimbulkan panas. Panas ini akan menimbulkan berkurangnya kualitas udara yang akan berakibat kinerja seseorang menjadi menurun. Untuk itu diperlukan pengaturan udara, udara diatur dengan menggunakan penontrol dan penyaring udara. Namun, alat tersebut harus diatur juga setelah alat elektronik utamanya diatur. Hal ini bertujuan agar aliran udara tidak mengenai pengguna secara langsung yang akan berakibat mengurangi konsenterasi pengguna.

4.    Gangguan Suara
Lingkungan suara mempunyai pengaruh yang sangat penting bagi konsentrasi, tingkat stress dan aspek lain dari kinerja seseorang. Suara yang berlebihan akan merusak konsentrasi namun tanpa adanya suara pun beberapa orang tidak bisa melakukan pekerjaannya dengan baik. 

5.    Kesehatan dan Keamanan Kerja
Kondisi kesehatan setiap pengguna di stasiun kerja tidaklah sama, masing masing stasiun kerja mempunyai toleransi yang berbeda terhadap kondisi fisiknya ketika harus bekerja untuk jangka panjang dan berkelanjutan. Sebaiknya kita selalu memantau aras toleransi kesehatan kita dan menghindari kondisi yang melebihi toleransi itu. Kondisi kesehatan itu antara lain:
a.    Radang persendian
b.    Penyakit gula
c.    Berat badan yang berlebihan
d.    Darah tinggi
e.    Stress
f.     Merokok
g.    Kehamilan, menopouse dan kondisi lain yang mempengaruhi tingkat hormon
h.    Umur yang semakin bertambah
i.      Kondisi fisik yang jelek

6.    Kebiasaan Dalam Bekerja
Selain kondisi kesehatan yang prima dan penempatan sumber cahaya. Hal-hal yang harus dilakukan agar kita bisa selalu merasa nyaman dalam bekerja. Hal-hal ini bisa disesuaikan oleh tiap individu, karena tiap individu mempunyai kebiasaan yang berbeda dalam mengatasi ketidaknyamanan dalam bekerja, biasakan untuk selalu:
a.    Bekerja dalam keadaan sesantai mungkin dan dalam posisi yang benar.
b.    Mengubah posisi duduk anda untuk mencegah kelelahan otot.
c.    Berdiri dan mengambil beberapa menit untuk mengendorkan ketegangan otot dan lakukan olehraga ringan beberapa kali sehari
d.    Mengusahakan untuk tidak mengetik dalam jangka waktu yang lama yang memberikan tekanan fisik yang berat pada anda.
e.    Mengambil istirahat sejenak secara periodis.
Memeriksa kebiasaan kerja anda dan tipe pekerjaan yang hendak anda lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar