Minggu, 30 September 2012

Tugas Diskusi Sistem Operasi (18 September 2012)


Diskusi (2)
Berikan penjelasan tentang satuan tipe data dan struktur data. Berikan keterangan sampai sejauh hubungan dengan manajemen memory.

Jawab :

Tipe Data :
Secara sederhana tipe data dapat didefinisikan dengan istilah tempat untuk menentukan pemberian nilai terhadap suatu variabel sesuai atau tidak dengan nilai yang diberikan oleh user. Dalam versi lain tipe data juga diartikan sebagai batasan terhadap fungsi tanda pengenal terhadap semua nilai yang diterima.

Satuan Tipe Data :
1.    Tipe Data Mesin
  • bit : Singkatan dari binary digit (angka biner) - merupakan satuan data terkecil. merupakan satuan data (digit bine) yang paling kecil berisi angka biner (1 atau   0). Dua angka yang mengalir terus didalam PC, berputar dari processor, Motherboard, chip memory sampai ke perangkat-perangkat penyimpanan data dan output lainnya atau sebaliknya.
  •  nibble : satuan data berukuran 4 bit
  •   Byte : satuan data gabungan dari 8 bit. Sebuah byte mewakili angka desimal dari 0 sampai 255. Byte juga digunakan untuk mewakili huruf-huruf, angka-angka, simbol-simbol lain dalam bentuk ASCII (American Standart Code for Information).
  •  word : satuan data yang lebih besar dari Byte, dan bisa berukuran 8 bit/ 16 bit/ 32 bit/ 64 bit
  • double word : satuan data yang besarnya 2 kali word
  • KiloByte(KB) : satu kilobyte sebenarnya sama dengan 1.024 byte.
  • MegaByte(MB) : satu MB sama dengan 1.024 kilobyte. Dan itu artinya 1 MB sama dengan 1.048.576 byte
  • GigaByte(GB) : Satuan gigabyte sama dengan 1.024 MB
  • TeraByte(TB) : Satuan TeraByte sama dengan 1.204 GB.


2.     Tipe Data Boolean
Tipe data boolean terdiri dari dua nilai saja, yaitu true dan false. Boolean sangat penting dalam mengevaluasi suatu kondisi, dan sering digunakan untuk menentukan alur program.

3.       Tipe Data Numerik
·         Integer  :  tipe data bilangan bulat yang hanya mengenal bilangan decimal. Dimana tipe data Integer tidak mengenal pecahan
·         decimal : presisi tetap dan skala data numeriknya dari -10^38 +1 sampai 10^38 –1
·         floating-point : floating point menjelaskan metode bilangan real dengan cara mendapat dukungan dari berbagai nilai, dasar umum skalanya adalah 2, 10 atau 16.
·         fixed-point : tipe data real untuk angka dengan digit tetap setelah (dan kadang-kadang juga sebelum) titik radix, representasi angka fixed-point dapat dibandingkan dengan angka floating-point yang lebih rumit, digunankan untuk menjelaskan nilai-nilai pecahan, biasanya dalam basis 2 atau basis 10.
·         Real : tipe data dari suatu tanda pengenal selain mengenal bilangan bulat utuh tipe data ini juga mengenal nilai angka yang mengenal pecahan.

4.       Tipe Data String
Tipe data selain mengenal angka disini tipe data dapat juga mengeal data berupa huruf maupun tanda baca. String merupakan urutan-urutan dari karakter yang terletak di antara tanda petik tunggal. Nilai data string akan menempati memori sebesar banyaknya karakter string ditambah dengan 1 byte. Bila panjang dari suatu string di dalam deklarasi variabel tidak disebutkan, maka dianggap panjangnya adalah 255 karakter.

5.       Tipe Data Char
Sama dengan tipe data string tetapi dari segi kapsitas ruang diperoleh tipe data char jauh lebih sedikit karena hanya mengenal 1 karakter.


Struktur data :
Struktur Data adalah cara penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien. struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) atau pun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan database (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata (word processor) yang kolomnya berubah secara dinamis.



Hubungannya dengan  Manajemen Memori
Manajemen memori berkaitan dengan memori utama sebagai sumber daya yang harus dialokasikan dan dipakai bersama diantara sejumlah proses yang aktif. Manajemen memori juga berkaitan dengan usaha agar pemrogram atau pemroses tidak dibatasi oleh kapasitas memori fisik yang terdapat pada sistem komputer. memori adalah sebuah array besar berukuran word atau byte, dimana setiap array tersebut mempunyai alamat tertentu. Memori adalah penyimpan yang dapat mengakses data dengan cepat yang digunakan oleh CPU dan perangkat I/O. Memori adalah perangkat penyimpan volatile. Isi memori akan hilang apabila terjadi kegagalan system.

Untuk mengatur memori, sistem operasi bertanggung jawab pada aktifitas-aktifitas manajemen memori sebagai berikut :
§  Menjaga dan memelihara bagian-bagian memori yang sedang digunakan dan dari yang menggunakan.
§  Memutuskan proses-proses mana saja yang harus dipanggil ke memori jika tersedia ruang di memori.
§  Mengalokasikan dan mendealokasikan ruang memori jika diperlukan.

Sedangkan fungsi manajemen memori :
• mengelola informasi memori yang terpakai dan yang tidak terpakai
• mengalokasikan memori ke proses yang memerlukan
• mendealokasikan memori dari proses telah selesai
• mengelola swapping antara memori utama dan disk

1 komentar:

  1. Link Teman Sekelompok :
    - Soal diskusi 1 : Fadhila alinda (http://jkuliahdila.blogspot.com/2012/09/diskusi-so-18-september-2012.html)
    - Soal diskusi 3 : George Herben (http://oqzhel-george.blogspot.com/2012/09/stuktur-dasar-sistem-operasi.html)

    BalasHapus