Minggu, 07 Oktober 2012

Tugas Diskusi Kelompok Sistem Operasi (02 Oktober 2012)

Pengertian Dari :

1. Multiprogramming (multitasking)
    Multiprogramming (multitasking adalah kegiatan menjalankan beberapa program pada memori pada suatu waktu.
Pelaksanaan instruksi yang diterapkan adalah :


  • program dibuat ke dalam memori
  • program dijalankan sampai mengakses perangkat I/O
  • langkah tersebut berulang terus menerus
  • untuk memproses perpindahan (switching) dilaksanakan oleh software
2. Multiprocessing
    Multiprocessing adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang merujuk kepada kemampuan pemrosesan komputer yang dilakukan secara serentak. multiprocessing sering digunakan dalam perangkat keras sedangkan multiprogramming sering digunakan dalam perangkat lunak.

3. Distributed processing/computing
    Distributed processing/computing adalah mengerjakan suatu proses pengolahan data secara bersama antara komputer pusat dengan beberapa komputer yang lebih kecil dan saling dihubungkan melalui jalur komunikasi

4. Sistem Time Sharing
    Sistem Time Sharing adalah suatu teknik penggunaan online system oleh beberapa pemakai secara bergantian menurut waktu yang diperlukan pemakai. disebabkan waktu perkembangan proses CPU semakin cepat. sedangkan alat input/output tidak dapat mengimbangi kecepatan dari CPU, maka kecepatan dari CPU dapat digunakan secara efisien dengan melayani beberapa alat I/O secara bergantian. Pada sistem ini beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer.

5. Sistem Paralel
    Sistem Paralel adalah sistem yang mempunyai lebih dari satu processor yang dapat berkomunikasi, membagi bus, clock, dan juga perangkat memori dan peripheral.

6. Sistem Desktop
    Sistem Desktop adalah jenis komputer yang paling banyak digunakan saat ini. Sistem Desktop (personal komputer) yang dirancang untuk single user (pemakai tunggal).

7. Sistem Cluster
    Sistem Cluster adalah unit (unit alokasi) dalam beberapa sistem berkait (file system) dan pengorganisasian disk, seperti File Allocation Table dalam sistem operasi MS-DOS dan NTFS dalam winndows NT merujuk kepada kumpulan sektor media penyimpanan yang digunakan oleh sistem operasi sebagai sebuah kesatuan, yang dapat digunakan untuk menyimpan informasi di dalam berkas/direktori. Cluster dimaksudkan untuk mengurangi keborosan dalam melakukan manajemen terhadap struktur data di dalam hard disk, sehingga sistem berkas tidak akan mengalokasikan sektor disk fisik, tetapi sekumpulan sektor yang saling berdekatan

8. Sistem Real Time
    Sistem Real Time adalah suatu sistem yang mengharuskan suatu komputasi selesai dalam jangka waktu tertentu. Jika komputasi ternyata belum selesai maka sistem dianggap gagal dalam melakukan tugasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar