Minggu, 14 Oktober 2012

Resume Kuliah IMK (10 Oktober 2012)


Perancangan Tampilan

Dalam merancang tampilan sebuah system atau aplikasi sebisa mungkin dibuat userfriendly. Userfriendly disini system/aplikasi harus mudah dimengerti, memiliki desain yang menarik, mudah dioperasikan dan user merasa nyaman menggunakannya.
Adapun syarat – syarat dalam perancangan sebuah tampilan yaitu :
1.       Harus mempunyai jiwa seni yang tinggi.
2.       Memahami kebutuhan user
3.       Meyakinkan gambaran program, diimplementasikan dengan tools yang tersedia
4.       Mendokumentasikan semua pekerjaan yang dilakukan, dengan tujuan untuk mempermudah dalam memperbaiki kesalahan..

Perancangan Tampilan berdasarkan penggunaannya :
-          Special Purpose software – SPS
Dua pendekatan untuk melakukan SPS :
1.       User-Centered Design : Perancangan antarmuka yang melibatkan user
2.       User Design Approach : User sendiri yang merancang antarmuka sesuai   keinginan

-          General Purpose software – GPS
Kunci Utama untuk melakukan GPS :
1.       antarmuka customization
2.       pengaturan desktop
3.       pemilihan warna desktop oleh user

Empat Komponen antarmuka user :
1.       Model User
2.       Bahasa Perintah/Command Language
3.       Umpan Balik
4.       Penampilan Informasi


Langkah – langkah perancangan antarmuka :
a.       Urutan Perancangan -> dikerjakan secara top-down
Dikerjakan dengan cara :
-          Pemilihan Ragam Dialog -> dipengaruhi oleh karakteristik populasi pengguna, tipe dialog yang diperlukan, dan kendala teknologi untuk mengimplementasikan ragam dialog tersebut
-          Perancangan struktur dialog -> melakukan analisis tugas dan menentukan model pengguna dari tugas tersebut untuk membentuk struktur dialog yang sesuai
-          Perancangan format pesan -> memfokuskan pada tata letak tampilan dan keterangan tektual, mempertimbangkan efisiensi kebutuhan data masukan
-          Perancangan penangan kesalahan -> Validasi pemasukan data, proteksi Pengguna, pemulihan dari kesalahan, Penampilan pesan salah yang tepat dan sesuai dengan kesalahan yang terjadi
-          Perancangan struktur data -> menentukan struktur data yang dapat digunakan untuk menyajikan dan mendukung fungsionalitas komponen-komponen antarmuka yang diperlukan

b.      Perancangan tampilan berbasis teks
Terdapat enam factor yang harus dipertimbangkan :
-          Urutan penyajian -> disesuaikan dengan model pengguna
-          Kelonggaran ¡V Spaciousness -> tidak mempersulit pengguna dalam melakukan                pencarian suatu teks.
-          Pengelompokan -> untuk mempermudah penstrukturan layar tampilan
secara keseluruhan.
-          Relevansi -> pesan-pesan yang relevan dengan topik yang sedang ditampilkan pada layar.
-          Konsistensi -> konsisten dalam menggunakan ruang tampilan.
-          Kesederhanaan -> menyajikan informasi yang mudah dipahami  pengguna

c.       Perancangan tampilan berbasis grafis
Terdapat lima factor yang harus diperhatikan :
-          Ilusi pada obyek-obyek yang dapat dimanipulasi
-          Urutan visual dan fokus pengguna
-          Struktur internal
-          Kosakata grafis yang konsisten dan sesuai
-          Kesesuaian dengan media

d.      Waktu Tanggap
Keinginan user agar program aplikasinya memberikan waktu tanggap yang sesingkat mungkin.

e.      Penangan Kesalahan
Terdapat dua macam kesalahan :
-          Kesalahan sintaksis -> kesalahan pada saat program dikompilasi (compile-time error).
-          Kesalahan logika -> kesalahan pada saat program sedang dijalankan (run-time error).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar