Perancangan Tampilan
Dalam merancang tampilan sebuah system atau aplikasi sebisa
mungkin dibuat userfriendly. Userfriendly disini system/aplikasi harus mudah
dimengerti, memiliki desain yang menarik, mudah dioperasikan dan user merasa
nyaman menggunakannya.
Adapun syarat – syarat dalam perancangan sebuah tampilan
yaitu :
1.
Harus mempunyai jiwa seni yang tinggi.
2.
Memahami kebutuhan user
3.
Meyakinkan gambaran program, diimplementasikan
dengan tools yang tersedia
4.
Mendokumentasikan semua pekerjaan yang
dilakukan, dengan tujuan untuk mempermudah dalam memperbaiki kesalahan..
Perancangan
Tampilan berdasarkan penggunaannya :
-
Special
Purpose software – SPS
Dua pendekatan
untuk melakukan SPS :
1.
User-Centered
Design : Perancangan antarmuka yang melibatkan user
2.
User
Design Approach : User sendiri yang merancang antarmuka sesuai keinginan
-
General
Purpose software – GPS
Kunci Utama untuk
melakukan GPS :
1.
antarmuka customization
2.
pengaturan desktop
3.
pemilihan warna desktop oleh user
Empat
Komponen antarmuka user :
1.
Model
User
2.
Bahasa
Perintah/Command Language
3.
Umpan
Balik
4.
Penampilan
Informasi
Langkah
– langkah perancangan antarmuka :
a.
Urutan
Perancangan -> dikerjakan secara top-down
Dikerjakan dengan cara :
-
Pemilihan Ragam Dialog -> dipengaruhi oleh
karakteristik populasi pengguna, tipe dialog yang diperlukan, dan kendala
teknologi untuk mengimplementasikan ragam dialog tersebut
-
Perancangan struktur dialog -> melakukan
analisis tugas dan menentukan model pengguna dari tugas tersebut untuk
membentuk struktur dialog yang sesuai
-
Perancangan format pesan -> memfokuskan pada
tata letak tampilan dan keterangan tektual, mempertimbangkan efisiensi kebutuhan
data masukan
-
Perancangan penangan kesalahan -> Validasi
pemasukan data, proteksi Pengguna, pemulihan dari kesalahan, Penampilan pesan
salah yang tepat dan sesuai dengan kesalahan yang terjadi
-
Perancangan struktur data -> menentukan
struktur data yang dapat digunakan untuk menyajikan dan mendukung
fungsionalitas komponen-komponen antarmuka yang diperlukan
b. Perancangan tampilan berbasis teks
Terdapat enam factor yang harus dipertimbangkan :
-
Urutan penyajian -> disesuaikan dengan model
pengguna
-
Kelonggaran ¡V Spaciousness -> tidak mempersulit
pengguna dalam melakukan pencarian
suatu teks.
-
Pengelompokan
-> untuk mempermudah penstrukturan layar tampilan
secara keseluruhan.
-
Relevansi
-> pesan-pesan yang relevan dengan topik yang sedang ditampilkan pada layar.
-
Konsistensi
-> konsisten dalam menggunakan ruang tampilan.
-
Kesederhanaan
-> menyajikan informasi yang mudah
dipahami pengguna
c. Perancangan tampilan berbasis grafis
Terdapat lima factor yang harus diperhatikan :
-
Ilusi pada obyek-obyek yang dapat dimanipulasi
-
Urutan visual dan fokus pengguna
-
Struktur internal
-
Kosakata grafis yang konsisten dan sesuai
-
Kesesuaian dengan media
d. Waktu Tanggap
Keinginan user agar program aplikasinya memberikan waktu tanggap
yang sesingkat mungkin.
e. Penangan Kesalahan
Terdapat dua macam kesalahan :
-
Kesalahan sintaksis -> kesalahan pada saat program dikompilasi (compile-time
error).
-
Kesalahan
logika -> kesalahan pada saat program sedang dijalankan (run-time error).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar